Menentukan Manfaat dan Kajian Pustaka

Menentukan Manfaat dan Kajian Pustaka
Manfaat hasil PTK menjadi bagian dari isi laporan yang dipaparkan secara logis sehingga tergambar keterkaitan antara hasil yang dicapai dengan kebermaknaan bagi pihak-pihak terkait. Hasil PTK akan bermakna bagi beberapa pihak jika PTK itu dilaksanakan secara benar dengan menggunakan acuan teoritis ilmiah yang benar.

Manfaat Hasil PTK

Suatu kegiatan yang telah direncanakan dengan baik dan dilaksanakan sesuai dengan rencana pasti akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak yang terkait dengan kegiatan itu.

Baca: Merancang Butir-Butir Pokok Isi Bagian Latar Belakang PTK

Kegiatan PTK yang telah dirancang dengan baik dan dilaksanakan dengan tertib sesuai rancangan juga akan memberikan manfaat bagi beberapa pihak yang terkait dengan PTK itu. Pihak-pihak terkait tersebut diantaranya adalah guru, siswa, orangtua, dan penentu kebijakan di sekolah tempat PTK dilaksanakan.

Bagi guru yang menjalankan PTK, PTK tersebut akan memperkaya wawasan dan pengalaman dalam mengatasi masalah pembelajaran yang terjadi di kelas. Selain itu, PTK tersebut juga memberikan pengalaman kepada yang bersangkutan dalam menyusun dan mengembangkan karya tulis ilmiah, khususnya dalam membuat laporan penelitian.
  1. Bagi guru lain, hasil PTK tersebut akan memberikan masukan dan wawasan tentang cara atau strategi yang tepat untuk mengatasi masalah pembelajaran, khususnya yang terkait dengan masalah yang akan dipecahkan atau perihal yang akan ditingkatkan.
  2. Bagi siswa, hasil PTK tersebut akan mendorong siswa untuk mencapai prestasi yang lebih baik dan meningkatkan minat siswa untuk melakukan aktivitas belajar yang lebih bergairah.
  3. Bagi orang tua siswa, hasil PTK tersebut akan memberikan masukan yang berharga tentang prestasi belajar anaknya sehingga orangtua siswa akan dapat memberikan pembinaan kepada anaknya untuk tetap menjaga dan meningkatkan proses dan prestasinya.
  4. Bagi pihak penentu kebijakan, hasil PTK tersebut akan memberikan yang berharga, terutama dalam pembinaan akademik bagi guru dan siswa dalam hal peningkatan mutu proses dan hasil belajar.
Kajian Pustaka

Kajian pustaka merupakan kajian teori yang mendasari penelitian. Kajian teori harus mampu mengungkap tentang: What (apa) berupa definisi atau pengertian, Who (siapa) berupa siapa penemu atau pendapat siapa, Why (mengapa) teori itu ada, How (bagaimana) teori itu digunakan atau hasil penelitian terdahulu (yang telah dilakukan orang lain).

Baca: Identifikasi dan Analisis Masalah dalam Perencanaan PTK

Dalam kajian teori, pertanyaan-pertanyaan itu dikenakan pada beberapa unsur yang ada pada judul, yakni masalah yang akan dipecahkan dan tindakan yang akan dilakukan.

0 Response to "Menentukan Manfaat dan Kajian Pustaka "

Post a Comment

Syarat-syarat Berkomentar:

Berkomentarlah Dengan Bahasa Yang Sopan;
Berkomentarlah Dengan Bijak;
Berkomentarlah Dengan Komentar Yang Berhubungan Dengan postingan Ini;
Dilarang Berkomentar Yang Berhunbungan Dengan PORNO/SARA
Dilarang Berkomentar SPAM

NB: Jika sahabat melanggar syarat-syarat diatas maka Komentar sahabat akan dihapus.

Terima Kasih.

Hubungi Saya

Name

Email *

Message *