5 Asas Hubungan Sekolah dan Masyarakat

Berikut 5 asa hubungan sekolah dan masyarakat yang disampaikan oleh Dr. H. A. Muhyani Rizalie, Msi:
1. Asas Objektif dan Resmi
Segala bentuk informasi dan yang disampaikan kepada masyarakat harus berupa suara resmi dari instansi atau lembaga dan tidak bertentangan dengan program yang dijalankan. Sikap objektif atasan memiliki peranan penting untuk menghidupkan kemungkinan pemberitaan yang tidak tepat dan merugikan.

2. Asas Organisasi yang Tertib dan Disiplin
Tugas-tugas pokok organisasi harus menjadi prioritas dan dilaksanakan secara tepat sesuai sistem kerja yang disepakati sehingga menimbulkan ketertiban dan kedisiplinan kerja yang berdampak kepada efisiensi dan keefektifan.

3. Asas Mendorong Partisipasi
Apa yang kita sampaikan berdampak kepada  tertariknya orang untuk berpartisipasi. informasi dan berita dari lembaga harus  memiliki kualitas dan kuantitas sehinga memicu partisipasi masyarakat terhadap program yang sedang berjalan.

4. Asas Pemerhatian Respon Masyarakat
Respon masyarakat berupa kritik, saran, pendapat dan keluhan harus didengarkan serta dipikirkan untuk perbaikan kegiatan-kegiatan dalam rangka memenuhi harapan masyarakat, respon masyarakat tidak boleh dihindari karena respon masyarakat merupakan opini publik.

5. Asas Kontinuitas Informasi
Pemyelenggara humas harus berusaha agar masyarakat memperoleh informasi secara kontinu sesuai dengan kebutuhan. Oleh karena itu informasi lisan dan tertulis dapat dilakukan secara berkala dan waktu tertentu. Dengan demikian masyarakat memiliki gambaran yang lengkap dan menyeluruh tentang keadaan atau masalah yang dihadapi organisasi atau lembaga.

Post a Comment for "5 Asas Hubungan Sekolah dan Masyarakat"