Contoh PowerPoint Laporan Skripsi Keren dan Menarik

Table of Contents

Laporan hasil skripsi tentang penelitian tindakan kelas (PTK) lebih baik dipresentasikan kira-kira hanya menghabiskan waktu maksimal selam 15 menit. Isi powerpoint laporan skripsi sebaiknya tidak terlalu panjang karena akan membosankan dan terlihat kurang menarik. Menurut Ahmad Suriansyah (2013), Slide Powerpoint yang baik seharusnya berisi tentang:

1. Slide pertama berisi judul skripsi dan nama pengarang serta nama dosen pembimbing. Contohnya seperti gambar berikut, keren kan.. hihi

contoh slide pembuka atau utama pada Powerpoint laporan skripsi

2. Permasalahan, slide ini berisi permasalahan yang diungkapkan di latar belakang dan rumusan masalah. Slide ini paling banyak hanya 2 (dua) buah. Gunakan tulisan yang bewarna pada satu kata untuk mempertajam maksud dari permasalahan sebagai kata kunci.

contoh slide permasalahan pada latar belakang

3. Tujuan dan manfaat penelitian, slide ini berisi tujuan dan manfaat penelitian, paling banyak berisi 2 slide. Masing-masing slide berisi paling banyak 6 baris. Pada slide ini juga gunakan variasi tulisan bewarna, seperti pada contoh berikut.

contoh slide rumusan masalah dan tujuan

Sedangkan untuk manfaat penelitian contohnya seperti gambar berikut.

contoh slide manfaat penelitian

4. Metodologi, pada slide ini diuraikan tentang pendekatan atau rancangan, setting, analisis dan indikator keberhasilan. Paling banyak 2 slide. Kalau mau satu slide aja juga boleh, seperti contoh berikut.

contoh slide metedologi penelitian pendekatan penelitian setting analisis dan indikator keberhasilan

5. Hasil dan kesimpulan. Hasil penelitian yang dicantumkan dalam slide cukup  dalam bentuk table dan grafik yang diperlukan. Misalnya grafik siklus 1 tentang aktivitas siswa dan hasil belajar siswa (maksimal 2 slide) dan perbandingan hasil siklus I dan siklus II (satu slide saja). Sedangkan kesimpulan dibuat dalam 1 slide paling banyak 5 baris.

contoh slide grafik hasil penelitian

Untuk kesimpulannya cukup dalam bentuk diagram garis. Seperti contoh berikut.

Contoh slide kesimpulan hasil penelitian PTK

6. Saran-saran. Untuk saran cukup satu slide saja dengan kata-kata yang singkat.

contoh slide saran-saran laporan penelitian tindakan kelas

7. Slide penutup. Bikinlan semenarik mungkin.

contoh slide penutup laporan skripsi
Dengan demikian jumlah slide yang ditayangkan paling banyak 10 slide saja. Slide dibuat dengan kata-kata yang singkat, bukan ditulis sama persis seperti yang ditulis pada skripsi atau mengcopy tulisan pada skripsi menjadi slide

Post a Comment