Esensi Pembelajaran Bahasa indonesia

Esensi Pembelajaran Bahasa indonesia

Pendidikan dasar atau sekolah dasar merupakan momentum awal bagi anak untuk meningkatkan kemampuan dirinya. Dari bangku sekolah dasarlah mereka mendapatkan imunitas belajar yang kemudian menjadi kebiasaan-kebiasaan yang akan mereka lakukan dikemudian hari.

Sehingga peran seorang guru sangatlah penting untuk dapat menanamkan kebiasaan baik bagi siswanya, bagaimana mereka dituntut memiliki kompetensi-kompetensi yang kemudian dapat meningkatkan kemampuan siswa.

Salah satu keterampilan yang diharapkan dimiliki oleh siswa dari sekolah dasar ini adalah keterampilan berbahasa yang baik, karena bahasa merupakan modal penting bagi manusia.

Dalam pengajaran bahasa Indonesia, ada empat keterampilan bahasa yang harus dimilik oleh siswa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis. Keempat aspek bahasa ini saling terkait antara satu dengan lainnya.

Baca: Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar

Bagaimana seorang anak akan bisa menceritakan sesuatu setelah ia membaca ataupun setelah ia mendengarkan. Begitu pun dengan menulis, menulis tidak lepas dari kemampuan menyimak, membaca, dan berbicara anak, sehingga keempat aspek ini harus senantiasa diperhatikan untuk meningkatkan kemampuan siswa.  

Post a Comment for "Esensi Pembelajaran Bahasa indonesia"