11 Tips Lolos Program Sekolah Penggerak dan Guru Penggerak

Table of Contents
Tips lulus program sekolah penggerak

Sekolah Penggerak baru dikenal sejak tahun 2021, program ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Dalam Program Sekolah Penggerak, kepala sekolah dan guru dianggap sebagai penggerak dalam menumbuhkan kompetensi literasi dan numerasi serta karakter peserta didik.

Sekolah penggerak adalah sekolah yang fokus terhadap hasil belajar siswa secara holistic dengan mewujudkan profil belajar Pancasila. Program ini merupakan bagian dari ekosistem pendidikan karena semua sekolah akan menjadi sekolah penggerak.

Program Sekolah Penggerak terdiri dari 5 intervensi yang saling terkait dan tidak bisa dipisahkan, diantaranya:

1. Pendampingan konsultatif dan asimetris

Program keitraan antara kemendikbud dan pemerintah daerah dimana kemendikbud memberikan pendampingan implementasi sekolah penggerak.

2. Penguatan SDM Sekolah

Penguatan Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, Penilik, dan Guru melalui program pelatihan dan pendampingan intensif dengan pelatih ahli yang disediakan oleh Kemendikbud.

3. Pembelajaran dengan paradigma baru

Pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kompetensi dan pengembangan karakter yang sesuai nilai-nilai Pancasila, melalui kegiatan di dalam dan luar kelas.

4. Perencanaan berbasis data

Manajemen berbasis sekolah, yaitu perencanaan berdasarkan refleksi diri sekolah.

5. Digitalisasi sekolah

Penggunaan berbagai platform digital bertujuan mengurangi kompleksitas, meningkatkan efisiensi, menambah inspirasi, dan pendekatan yang customized

Tips Lolos Program Sekolah Penggerak

Bagi Bapak dan Ibu yang ingin lolos program sekolah penggerak ataupun ingin lulus program guru penggerak, berikut tips berdasarkan kepala sekolah yang berhasil lolos sekolah penggerak yang admin rangkum dari instagram HAFECS

1. Aktif Bertanya
Sebelum mendaftar, kita harus aktif bertanya kepada sekolah penggerak sebelumnya. Selain itu juga harus aktif mencari informasi pada group-group di sosial media mengenai program sekolah penggerak.

2. Cermat dan Teliti dalam Pemenuhan Persyaratan Administrasi
Sebelum mengunggah dokumen pada aplikasi pendaftaran, sebaiknya cermati dan teliti terlebih dahulu apakah ada persyaratan tertentu yang diminta. Selain itu periksa hasil scan dokumen apakah tulisannya terbaca dengan jelas.

3. Cek SIMPKB Secara Berkala
Hal ini bertujuan supaya tidak ketinggalan informasi. Karena setiap informasi mengenai pendaftaran dan status pendaftaran berada pada SIMPKB.

4. Isikan berbagai pengalaman/pelatihan yang pernah diikuti
Jangan sampai mengosongkan jawaban pada butir pengalaman atau pelatihan yang pernah diikuti. Jika banyak sekali pelatihan yang anda ikuti, sebaiknya prioritaskan hanya 3 atau 5 poin yang paling relevan dan paling baru, mungkin itu akan menjadi poin plus kita.

5. Isi Pertanyaan pada Esay dengan Jujur
Pahami baik-baik pertanyaan yang tersedia pada esay, jawab pertanyaan sesuai dengan kenyataan yang pernah Bapak/Ibu lakukan. Ceritakan yang sudah pernah dilakukan  karena pada sesi wawancara assesor akan mengecek kembali jawaban yang Bapak/Ibu tulis pada essay.

6. Perubahan kecil yang membawa dampak nyata lebih dihargai ketimbang program yang wow atau spektakuler tetapi tidak pernah dilakukan.
Sekecil apapun perubahan yang ibu buat, walaupun bukan sesuatu yang besar. Tetapi bisa jadi itu menurut assesor atau penilai merupakan sesuatu yang wow karena perubahan kecil membawa perubahan yang baik pada peserta didik dan rekan guru. Tidak perlu spektakuler pada pengisian esay karena bisa membuat blank pada sesi wawancara.

7. Salin Jawaban Esay pada Ms. Word sebelum Submit
Bagi anda yang berdomisili di daerah, ada kalanya listrik atau jaringan tiba-tiba mati sehingga menimbulkan kerugian karena sudah capek mengisi esay tiba-tiba hilang begitu saja. Anda bisa tulis dahulu pada Ms. Word lalu menyalinnya ke aplikasi pendaftaran atau sebaliknya.

8. Manfaatkan Barang Bekas sebagai Bahan Ajar Saat Praktik Mengajar
Gunakan bahan yang ada disekitar seperti kardus bekas dan lainnya sebagai media pembelajaran, hal tersebut akan menjadi nilai plus bagi Bapak/Ibu.

9. Gunakan PC/Laptop Ketimbang Ponsel
Anda sebaiknya menggunakan PC atau laptop ketika megisi esay karena lebih mudah, nyaman, dan jelas sehingga kita dengan mudah memantau jumlah kata yang diketikan. Karena dalam mengisi esay terdapat jumlah minimal dan maksimal kata yang ditulis.

10. Jawab Pertanyaan Sesuai yang Ditanyakan
Jawablah semua pertanyaan sesuai permintaan, jangan melebar kemana-mana, langsung ke pointnya saja.

11. Berlatih Merekan dengan Kamera Ponsel
Hal penting yang perlu Bapak/Ibu lakukan adalah berlatih sambil merekam video. Dengan begitu, kita bisa mengetahui mimik wajah kita ketika sedang simulasi mengajar. Gunakan tripod kemudian mulai mengajar dari pembukaan hingga penutupan, lihat apakah gayanya sudah oke dan waktunya sudah pas.

Kita bisa berlatih improvisasi dan berinteraksi di depan kamera, sering-sering latihan sehingga kita bisa melihat dimana kekurangannya sehingga bisa diperbaiki pada latihan selanjutnya. Buat RPP-nya sebaik mungkin, banyak contohnya pada portal guruberbagi.

12. Gunakan Timer (Pengatur Waktu)
Latihan menggunakan timer karena simulasi mengajar hanya 10 menit, jika lewat maka akan di stop oleh asesor. Gunakan kegiatan yang beragam yang dapat membuat siswa senang mengikuti pelajaran.

Berikut tips jika ingin lulus Program Sekolah Penggerak, hal tersebut juga berlaku jika Bapak/Ibu ingin lulus Program Guru Penggerak, karena menurut pengalaman admin yang pernah mengikuti guru penggerak, kedua program tersebut memiliki pertanyaan esay yang sama.

Post a Comment