Bingung belum mendapat ide buat desain ? Coba 7 tips berikut ini

ide buat desain

Jika Anda bekerja di bidang desain, pasti pernah mengalami momen ketika ide-ide kreatif sepertinya sulit untuk muncul. Anda merasa terjebak dalam kebuntuan kreatif dan tidak tahu harus mulai dari mana. Namun, jangan khawatir, karena ada beberapa tips yang bisa membantu Anda keluar dari kebuntuan kreatif tersebut. Berikut adalah tips yang bisa Anda coba:

1. Cari inspirasi dari sumber yang berbeda.

Ketika ide desain terasa sulit untuk muncul, cobalah cari inspirasi dari sumber yang berbeda. Anda bisa mencari inspirasi dari media sosial, blog, majalah, atau buku. Anda juga bisa pergi ke museum atau galeri seni untuk mendapatkan inspirasi dari karya seni yang ada. Cari sumber inspirasi yang berbeda dari biasanya, sehingga Anda bisa melihat ide-ide baru yang belum pernah Anda pikirkan sebelumnya.

2. Buat sketsa kasar

Cobalah buat sketsa kasar dari ide-ide yang muncul di kepala Anda. Terkadang, ide-ide yang muncul di kepala belum terlihat jelas saat dipikirkan secara verbal. Dengan membuat sketsa, Anda bisa lebih memvisualisasikan ide-ide tersebut dan melihat apakah ide-ide tersebut bisa diubah atau dimodifikasi agar lebih baik.

3. Cari tahu tren desain terbaru

Cari tahu tren desain terbaru dan coba terapkan pada desain Anda. Tren desain terbaru bisa memberikan inspirasi pada ide-ide baru yang belum pernah terpikirkan sebelumnya. Jangan takut mencoba tren desain terbaru, namun pastikan tetap mempertimbangkan klien atau target pasar Anda.

4. Minta pendapat orang lain

Minta pendapat orang lain mengenai desain Anda. Mereka bisa memberikan masukan yang berbeda dan memberikan sudut pandang baru pada desain Anda. Dengan meminta pendapat orang lain, Anda bisa memperbaiki desain Anda dan membuatnya lebih baik.

5. Istirahat sejenak

Ketika Anda sudah merasa terjebak dalam kebuntuan kreatif, istirahat sejenak. Lakukan kegiatan lain yang bisa melepas penat, seperti berjalan-jalan atau olahraga. Saat otak Anda istirahat, ide-ide bisa muncul secara spontan tanpa dipaksa.

6. Ubah lingkungan kerja

Coba ubah lingkungan kerja Anda untuk merangsang kreativitas. Anda bisa mengganti warna dinding, menambahkan tanaman, atau mengubah pencahayaan. Lingkungan kerja yang baru bisa memberikan inspirasi baru pada ide-ide desain Anda.

7. Gunakan teknik brainstorming

Gunakan teknik brainstorming untuk menghasilkan ide-ide desain baru. Ajak orang lain untuk berpartisipasi dalam sesi brainstorming dan cobalah untuk mengeluarkan ide-ide apa pun yang terlintas di kepala. Jangan takut untuk mengeluarkan ide-ide yang terlihat bodoh atau tidak mungkin, karena ide-ide tersebut bisa memicu ide-ide baru yang lebih baik.

Dengan menggunakan tips di atas, Anda dapat memperoleh inspirasi baru dan ide desain yang lebih kreatif. Selamat mencoba!

Post a Comment for "Bingung belum mendapat ide buat desain ? Coba 7 tips berikut ini"