Model Pembelajaran Mind Mapping pada Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia


Pada silabus IPS kelas V SD dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), terdapat materi masa persiapan  kemerdekaan Indonesia yang harus dikuasai oleh siswa. Dengan menunjukan betapa pentingnya mempelajari tentang sejarah para pahlawan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia. Siswa diharapkan mampu menghargai jasa dan peranan tokoh perjuangan dalam mempersiapkan kemerdekaan Indonesia.

Salah satu indikator yang harus dicapai siswa adalah menjelaskan beberapa usaha dalam rangka mempersiapkan kemerdekaan. Untuk mencapai indicator tersebut, sebaiknya guru memilih model pembelajaran yang dapat mengasah kemampuan pemahaman siswa dan membuat siswa aktif dalam mengikuti pelajaran. Salah satu alternative yang dapat digunakan adalah model pembelajaran Mind Mapping.

Mind map atau pemetaan pikiran adalah teknik pemanfaatan seluruh otak dengan menggunakan citra visual dan prasarana grafis lainnya untuk membentuk kesan. Otak sering kali mengingat informasi dalam bentuk gambar, simbol, suara, bentuk-bentuk, dan prasarana. Peta ini dapat membangkitkan ide-ide orisinil dan memicu ingatan yang mudah. Ini jauh lebih mudah daripada metode pencatatan tradisional karena ia mengaktifkan kedua belahan otak.

          Baca juga
Kemampuan dan perilaku guru efektif


Mind Mapping dapat membuat siswa lebih mudah dalam menerima dan memahami isi materi yang disajikan, pembuatan mind map yang warna warni akan meningkatkan kemampuan manajemen informasi, konsentrasi, imajinasi serta meningkatkan kemampuan fungsi otak pada siswa sehingga kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan. Berikut adalah contoh pembuatan mind map yang dapat digunakan pada lembar kerja kelompok maupun individu. Klik gambar untuk memperbesar.
mind mapping persiapan kemerdekaan indonesia
Contoh mind mapping pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia


mind mapping persiapan kemerdekaan Indonesia
Contoh mind mapping pada materi persiapan kemerdekaan Indonesia


mind mapping perumusan dasar negara
Mind mapping perumusan dasar negara

Mind mapping tokoh-tokoh kemerdekaan
Mind mapping tokoh-tokoh kemerdekaan

Post a Comment for "Model Pembelajaran Mind Mapping pada Materi Persiapan Kemerdekaan Indonesia"